Saya dan ppsmb ugm

September 05, 2012

Oke. kali ini saya mau cerita tentang pengalaman saya pas jadi pemandu di PPSMB UGM kemarin. Walau acaranya udah lewat beberapa hari yang lalu, gakpapa kan kalau sekarang saya mau cerita? Hehe
Jadi begini ceritanya. Di UGM itu kan ada ospek untuk mahasiswa baru. Nah, karena ospek itu kesannya agak negatif (katanya), maka acaranya disebut PPSMB (Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru). Untuk PPSMB UGM, nama acaranya adalah PALAPA, yang konon katanya terinspirasi dari sumpah palapa Mahapatih Gadjah Mada. Dan untuk mahasiswa baru UGM, ada sebutan khusus, yaitu GAMADA alias Gadjah Mada Muda.
Di acara ini saya jadi pemandu. Pemandu? Apaan tuh? Yah, intinya saya jadi pemandu buat para gamada gitu deh. Awal-awalnya saya tidak berminat untuk daftar jadi pemandu ppsmb universitas, tapi waktu itu, temen saya sms, dia ngajakin saya buat ikut daftar jadi pemandu ppsmb univ. Awal-awalnya saya ragu. Daftar gak yaa? Masih mikir-mikir, sampai akhirnya saya mengatakan “iya” untuk ikut daftar di kepanitiaan palapa dan mengajukan posisi sebagai pemandu.
Untuk mendapatkan posisi sebagai pemandu, pertama-tama saya mendaftarkan diri. nitip ke temen yang ngajakin saya itu sih daftarnya. Hehe. Terus ada sms dari pihak oprec (open recruitment) acaranya. Ada sesi wawancara. Hah? Wawancara? Haduh, saya suka grogi kalau ada sesi wawancara. Saya sudah agak panik saat itu. tapi, saya berusaha menenangkan diri saya. Toh ini namanya belajar. Gak ada salahnya mencoba. Diterima ya syukur, gak ya kagak apa-apa. Dan alhamdulillah akhirnya ketrima tuh. Hehe.
Karena pemandu adalah orang yang dipastikan berinteraksi langsung dengan para gamada, pemandu mendapatkan pelatihan dan pengarahan yang sangat-sangat. Hehe. Katanya pemandu itu gak cuma memandu gamada saat acara ppsmb berlangsung, tapi juga sebagai contoh buat gamadanya. Apalagi satu orang pemandu dirata-rata pegang 30 gamada.
kelompok 271 ppsmb ugm 2012
Pas ppsmb kemarin, saya diamanahi untuk pegang kelompok 271. Ada 29 orang gamada. Sayangnya yang ikut ppsmb kemarin Cuma 27 orang saja. 1 orang sakit, dan yang satunya lagi katanya gak jadi ngambil di ugm. huhu. Sedih rasanya. Tapi gakpapa. Kelompok 271 tetep rame kok. Apalagi pas hari-H ppsmb itu kan ada sesi LGD (Leaderless Grup Discussion). Awalnya saya kira sesi ini bakalan “krik-krik” sepi, tapi ternyata sesi ini malah yang paling bikin kelompok 271 rame banget saking semangatnya ngebahas studi kasus yang dikasih. Apalagi saat mereka bikin presentasi di kertas putih lebar yang dikasih panitia. Mereka kompak sekali dan terlihat sangat beremangat. Saya senang sekali melihatnya. Dari 5 kelompok yang mendapatkan spot sama untuk LGD,  hanya kelompok 271 yang presentasinya berupa gambar ilustrasi. Gambarnya bagus pula. Jadi gini, gamada kelompok saya ada yang anak teknik sipil. Dia jago gambar rupanya. Dan temen-temen 271  pun pada rame-rame ngerubungin dia pas gambar buat presentasi itu. ngasi saran ini-itu, nyerocos ini-itu, semanget banget. 271 mantap lah. Dan sekarang saya kangen mereka. hoho.
Selain itu, jadi pemandu ppsmb ugm itu sangat menyenangkan. Bisa kenal temen2 dari berbagai jurusan di ugm yang juga ikut jadi pemandu, wong pemandunya aja sampe 300 orang lebih katanya. Banyak kenalan baru, dapet temen baru. Pastinya nambah pengalaman juga. Gak nyesel deh jadi panitia ppsmb ugm tahun ini. hehe.
parade pelangi nusantara. gambar diambil dari https://twitter.com/ppsmbugm2012/status/242945291106521089/photo/1
Oke. back to palapa. Ppsmb ugm tahun ini menghadirkan sesuatu yang spektakuler loh. Haha. apaan? Tahun ini, ugm baru saja memecahkan rekor muri lewat parade nusantara, pas ppsmb ugm kemarin. Beritanya lihat di sini.
PALAPA, PPSMB UGM 2012 sungguh berkesan. Sampe-sampe di twitter ada yang nulis kaya gini “Skrg tiap kali lewat GSP kok jadi kangen & kebayang-bayang trs sm euforianya @ppsmbugm2012 tgl 29-30 agustus kmrn yaa :') #palapa #UGMforINA”. Haha. tapi palapa memang berkesan sih. Semoga ppsmb ugm tahun depan lebih baik dan lebih sukses lagi. aamiin.
Tahun depan saya masih bisa daftar jadi panitia gak yaa? Tapi, nanti KKN saya gimana? Haha. yang penting tetap semangat!
Pancasila jiwa kami, Bakti untuk Negeri, UGM Bersatu, Bangkitlah Nusantaraku!
Ah iyaa. Saya juga kangen meneriakkan jargon pemandu. Jadi, setiap kali ada yang menyerukan “PEMANDU!” pada para pemandu, maka pemandu akan menjawab....
“Aku, Kamu, Kita untuk Indonesia!”
Sepertinya saya sungguh kangen semua tentang PALAPA. :D

You Might Also Like

2 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images