Puisi Malam

Februari 05, 2017


Puisi Malam I
Oleh: Dian Nasuha

Bersahabatlah dengan malam
Ia begitu hening namun menenangkan
Kau bisa menceritakan apapun kepada malam
Ia akan mendengarnya
Dan memberimu sedikit kekuatan

Ia mungkin tak bersuara
Namun ia akan menjawabmu
Dengan semilir angin
Kedipan bintang di wajah langit
Serta suara-suara binatang malam

Meski dingin, tetaplah bertahan
Sempatkan waktumu untuk bertemu sang malam
Ia selalu menunggumu datang
Dan akan menyambutmu di sepertiga malam
Itulah janji sang malam padaku

~*~

Puisi Malam II
Oleh: Dian Nasuha

Aku tidak tahu apa yang sedang ia pikirkan
Ketika semua orang bersembunyi di tendanya
Untuk menghindari dingin malam
Ia justru berada di luar
Ia melangkah menuju bibir pantai
Entah apa yang ia pikirkan

Kepalanya lalu menengadah ke langit
Seakan berusaha menyampaikan sesuatu padanya
Namun mulutnya terkatup
Tak ada satupun yang ia ucapkan

Semburat senyum sekilas nampak di wajahnya
Mungkin ia sedang mengingat sesuatu yang membuatnya bahagia
Atau mungkin saja ia hanya menikmati malam ini
Mendengar debur ombak dengan lebih dekat
Dan juga menikmati langit malam yang bertabur bintang

Hening, sepertinya ia benar-benar menikmatinya
Menikmati dirinya tenggelam sedalam-dalamnya bersama malam

~*~

Ceritanya saya sedang menjajal diri jadi seorang penyair. Haha. Kedua puisi ini ditulis pada suatu siang di hari Jumat, pada tanggal 03 Februari 2017. Amatir memang. Namun hasilnya tidak begitu buruk. Iya, kan? :D

Awalnya, saya mendapatkan tantangan dari sebuah forum yang saya ikuti. Setiap peserta diwajibkan menyelesaikan tantangan ini, yaitu dengan membuat dua buah puisi bertema malam. Walhasil, jadilah kedua puisi ini.

Daripada hanya saya simpan di dokumen pribadi, akhirnya saya memutuskan untuk membagikan dua tulisan ini. Atas permintaan dari seorang teman juga, sih. :D

Baiklah, itu saja cerita di balik pembuatan dua puisi ini. Untuk pemaknaan isi puisi, saya serahkan kepada pembaca. Tentunya saya masih perlu belajar banyak untuk menghasilkan tulisan yang lebih baik lagi.

Selamat berkarya! :D

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images